
Suara Tabi – Sentani, Efesiensi anggaran secara nasional tentunya berdampak pada pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat, maka pemerintah daerah dituntut harus melaksanakan pelayanan yang benar-benar tepat sasaran kepada masyarakat.
Menyikapi itu Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Jayapura pada Kamis, 9 Oktober 2025 menggelar Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) bagi beberapa perangkat daerah yang dianggap paling intens melakukan pelayanan terhadap masyarakat, sesuai dengan Petunjuk Teknis ( Juknis ).
Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gilberd R. Yakwart Asisten I Setda Kabupaten Jayapura mewakili Dr. Yunus Wonda, SH. MH., Bupati Jayapura, yang sedang menjalani tugas luar daerah.
Usai membuka kegiatan sosialisasi SPM Gilberd Yakwart kepada awak media, Ia menuturkan, bahwa kegiatan sosialisasi SPM ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, kegiatan itu juga digelar secara nasional yang diprakarsai oleh Biro Tata Pemerintahan.
Tujuan dari kegiatan tersebut agar benar – benar pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran. Sosialisasi tersebut guna peningkatan kapasitas dan juga lebih mempertajam SPM itu sendiri, Sosialisasi SPM juga akan diselaraskan dengan visi – misi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, yang mana sasaran utama dalam visi – misi yakni masyarakat dapat terlayani dengan baik. Karena itulah sasaran utamanya.
Pelayanan yang dimaksud dalam SPM yakni seperti pemberian bantuan, pelayanan administrasi dan pelayanan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat.
Gilberd juga mengatakan ditengah kondisi fiskal yang memperihatinkan ini SPM harus tetap berjalan sesuai dengan standarnya, terkait kondisi keuangan daerah Pemkab sedang membenahi itu, terutama menyelesaikan hutang – hutang di masa kepemimpinan pemerintahan sebelumnya.
Namun sesuai dengan arahan Dr. Yunus Wonda, SH. MH., Bupati Jayapura, Gilberd menjelaskan bahwa kondisi keuangan akan mulai membaik di tahun depan, tentunya operasional pendukung SPM akan dapat berjalan baik, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih efisien, tepat sasaran dan menyeluruh. ( VD )